Tuesday, December 24, 2013

Cara Gampang Menyusun SKP JFT: Perawat

courtesey:rumahsehatterpadu.or.id
Seorang perawat (Ners) adalah seorang tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum. Dalam menghadapi pasien, seorang perawat harus mempunyai etika, karena yang dihadapi perawat adalah juga manusia. Perawat harus bertundak sopan, murah senyum dan menjaga perasaan pasien. Ini harus dilakukan karena perawat adalah membantu proses penyembuhan pasien bukan memperburuk keadaan. Dengan etika yang baik diharapkan seorang perawat bisa menjalin hubungan yang lebih akrab dengan pasien. dengan hubungan baik ini, maka akan terjalin sikap saling menghormati dan menghargai di antara keduanya.

Etika dapat membantu para perawat mengembangkan kelakuan dalam menjalankan kewajiban, membimbing hidup, menerima pelajaran, sehingga para perawat dapat mengetahui kedudukannya dalam masyarakat dan lingkungan perawatan. Dengan demikian, para perawat dapat mengusahakan kemajuannya secara sadar dan seksama.

Oleh karena itu dalam perawatan teori dan praktek dengan budi pekerti saling memperoleh, maka 2 hal ini tidak dapat dipisah-pisahkan. Sejalan dengan tujuan tersebut, maka dapat dikemukakan bahwa nama baik rumah sakit antara lain ditentukan oleh pendapat/kesan dari masyarakat umum. Kesehatan masyarakat terpelihara oleh tangan dengan baik, jika tingkatan pekerti perawat dan pegawai-pegawai kesehatan lainnya luhur juga. Sebab akhlak yang teguh dan budi pekerti yang luhur merupakan dasar yang penting untuk segala jabatan, termasuk jabatan perawat.
courtesey of tribunnews.com

Bagaimana menjadi Seorang Perawat yang Sukses?

Blog Medianers menulis: Perawat bisa bekerja dimana saja. Dan, Perawat juga bisa bergaul dengan siapa saja. Untuk itu, peluang sukses terbuka lebar. Tinggal bagaimana Perawat bisa memamfaatkan Peluang semaksimal mungkin untuk menuju kesuksesan. Bagaimana memanfaatkan peluang itu? Ayo simak Kunci Sukses Menjadi Perawat sebagai berikut:

1. Fokus dengan Ilmu Keperawatan tertentu
  • Berhubung cakupan ilmu keperawatan itu luas, maka anda harus mengambil satu spesifikasi ( 1 keahlian). Misal, mendalami ilmu medikal bedah, atau mendalami ilmu keperawatan anak. Ilmu yang dipelajari juga diperkuat dengan pendidikan dan pelatihan tambahan, perkuat referensi dengan baca buku, jurnal, dll
2. Tingkatkan kemampuan berbicara
  • Anda adalah pelayan masyarakat. Seorang pelayan idealnya mampu berkomunikasi yang baik. Mampu tampil di muka umum, tak malu berargumentasi di forum, dan menyenangkan berbicara dengan siapa saja. Berbicara kelihatan mudah, namun menguasai pembicaraan yang sulit.  Untuk itu, ayo tingkatkan kemampuan berbicara anda dengan terus berlatih dan membaca teori sukses berbicara melalui buku.
3. Tingkatkan personal branding dengan menulis
  • Ingin mengenal dunia, anda harus banyak membaca, tapi jika anda ingin dikenal dunia harus banyak menulis. Baik menulis di media cetak, maupun di media online.
So, seorang perawat yang profesional dan kompeten juga musti mampu menyusun Kontrak Kerja yang dinamakan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) (ini khusus bagi Perawat PNS, lho...). 

Perawat adalah salah satu dari sekian ratus jabatan fungsional khusus atau tertentu yang ada di Indonesia. Sebagai jabatan fungsional tertentu, perawat diatur dengan Keputusan Menpan Nomor 94/KEP/M.PAN/11/2001. 

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa penyusunan SKP atau Kontrak Kerja bagi PNS jabatan fungsional tertentu, kegiatan tugas jabatannya disesuaikan dengan butir-butir kegiatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang jabatan fungsional tertentu tersebut. Nah, jika demikian maka penyusunan SKP Perawat harus mengacu kepada jenis dan jenjang jabatan Perawat sesuai Kepmenpan Nomor 94/KEP/M.PAN/11/2001, dan jangan lupa juga peraturan pelaksana lainnya menjadi acuan dalam penyusunan SKP.

Selanjutnya, SKP yang telah disusun sebaiknya dikonsultasikan kepada atasan atau Pejabat Penilai, untuk selanjutnya jika pejabat penilai menyetujui SKP yang telah disusun, maka SKP tersebut menjadi suatu dokumen Kontrak Kerja selama tahun penilaian.

Berikut contoh/simulasi penyusunan SKP bagi Perawat. Dalam contoh/simulasi ini, seorang perawat bernama Ners. Lailis Sjarifah, S.Kep (Pangkat/Gol. III/b, jabatan Perawat Pertama) berencana akan dapat mengusulkan kenaikan pangkat/golongan ke III/c (jabatan Perawat Muda), dalam 3 - 4 tahun ke depan yaitu periode 1 Oktober 2017. Angka kredit yang telah terkumpul saat ini adalah 150. Untuk bisa diusulkan kenaikan pangkat, ia harus mengumpulkan lagi Angka Kredit sebanyak 50AK, maka dengan demikian, ia harus berani menargetkan dan merealisasikan kinerjanya sedikitnya 12,5 AK setiap tahunnya. Sehingga tepat 1 Oktober 2017, ia bisa diusulkan kenaikan pangkat/jabatan sebagai Perawat Muda Gol. III/c. 

Maka, SKP Sdr. Lailis Sjarifah. S.Kep adalah sebagai berikut:


Demikian, semoga bermanfaat. Selamat bekerja.

*) Deskripsi, gambar dan narasi dinukil dari berbagi sumber.
Load disqus comments

0 komentar